Bearing
Bearing atau bantalan merupakan suatu elemen mesin yang digunakan untuk menahan poros berbeban, beban tersebut dapat berupa beban aksial atau beban radial. tipe bearing yang digunakan untuk bantalan disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya.
Bearing
Bearing atau bantalan merupakan suatu elemen mesin yang digunakan untuk menahan poros berbeban, beban tersebut dapat berupa beban aksial atau beban radial. tipe bearing yang digunakan untuk bantalan disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya.
Tipe Bearing :
Journal Bearing
journal bearing berfungsi untuk menahan beban radial, beban tegak lurus dengan poros, biasanya untuk putaran tinggi dan beban yg besar, contohnya pada pump, turbine, compressor
Thrust Bearing
Thrusht Bearing berfungsi untuk menahan beban aksial pada poros, beban tegak lurus terhadap poros, gesekan antara bearing dan poros yang tinggi dan akan menghasilkan panas sehingga pendinginan secara khusus diperlukan
Pada dasarnya material bearing memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
1. Tahan terhadap beban statis maupun dinamis
2. Koefisien gesek rendah
3. Tahan Aus
4. Tahan karat
biasanya bearing dilengkapi dengan pelumasan agar panas karena gesekan antara bearing dengan poros dapat diminimalisasi. pemilihan terhadap tipe bearing didasarkan pada kebutuhan, biasanya yang sering digunakan adalah anti friksi bearing contonya ball bearing, biasanya digunakan untuk sepeda motor, jenis bearing ini sering digunakan karena harganya yang murah dan awet.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
4 comments:
apa beda beban aksial dengan beban radial pada poros??
mksh atas kutipannya.membantu saya mengerjakan tugas PPM dan Elmes
kalau bearing yg digunakan pada gardan mobil jenis apa y?
Tolong penjelasan tentang friksi dan anti friksi bearing dong kaka
Post a Comment